:)

Jumat, 28 Oktober 2011

36 fakta doraemooon :*

36 Fakta Menarik Doraemon

1. Apakah arti nama "Doraemon"?

Nama Doraemon sebenarnya diciptakan dari 2 patah kata: Dora & Emon. Dora adalah semacam plesetan dari "Nora" yg berasal dari "Nora-Neko" yakni stray cat. Emon adalah semacam kata tambahan tradisional untuk nama dari manusia atau binatang yg berjenis kelamin laki-laki, misalnya Ishikawa Goemon.

Secara harafiah, nama Doraemon bisa diartikan "Stray male cat" (kucing liar jantan)

Dora sebenarnya bisa juga berarti "gong" (inilah "dora" yg dipakai dalam nama kue dorayaki)... Meski bukan itu "dora" yg dipakai di nama Doraemon... namun ini menjadi semacam plesetan, di mana tubuh Doraemon memang bundar-bundar seperti gong

2. Bagaimana menuliskan "Doraemon" dalam huruf Jepang?

Nama Doraemon dituliskan sebagai gabungan dari huruf katakana & hiragana. Huruf katakana untuk Dora (ドラ) & huruf hiragana (えもん) untuk Emon

Singkat kata, jadinya ドラえもん

3. Apa kode produksi dari Doraemon?

Ya! Doraemon memiliki kode produksi ternyata, yakni MS-903. Ini adalah nama asli Doraemon sebagai robot, & dengan nama inilah ia dipanggil oleh sang pemilik pabrik robot di mana ia diproduksi.

Nama ini disebutkan dalam episode ulang tahun Doraemon tahun 2007

4. Kapan tanggal lahir dari Doraemon?

3 September 2112 adalah tanggal di mana Doraemon selesai diproduksi

5. Apa angka ajaib dari Doraemon?

1293

Doraemon memiliki berat 129,3 kg (285 lbs) & tingginya 129,3 cm (4'3 "). Ia bisa berlari sampai 129,3 km / jam (80,3 mph) ketika ketakutan & melompat 129,3 cm (424,2 kaki) ketika terancam bahaya. Kekuatan maksimumnya 129,3 bhp. Lingkar pergelangan tangannya 129,3 mm. lingkar kepalanya & lingkar da&ya adalah 129,3 cm. Kakinya berdiameter 129,3 mm. Ia diproduksi pada September 3, 2112 (lagi-lagi 12/9/3), di Pabrik Robot Matsushiba.


Ini gambar2 dari data teknis Doraemon dengan angka ajaib 1293 tersebut:





7. Siapa mantan pacar Doraemon di abad 22?

Noramyako. Ia disebutkan di Bonus Data-Data Doraemon di Tankoubon volume 11. Noramyako memutuskan Doraemon gara2 Doraemon dirasa terlalu pendek untuknya (setelah kupingnya putus digigit tikus)

8. Apa warna asli Doraemon? ygpasti bukan biru...

Warna cat asli Doraemon adalah kuning. Setelah tahu bahwa telinganya digigit tikus, ia dalam depresi, menyelinap ke atas menara, di mana ia minum ramuan berlabel "kesedihan". Ketika ia menangis, warna kuningnya luntur & suaranya berubah karena ramuan tsb.

Menurut ane pribadi, jangan2 pembuat anime Doraemon pandai bahasa Inggris, gan, karena paham istilah bahasa Inggris "In Blue" ygartinya "sdg sedih"

Ini pic bentuk asli Doraemon


9. Apakah Doraemon adalah robot kucing yg sempurna?

Tidak. Bahkan, sebenarnya Doraemon adalah sub-standard product alias "robot usang" karena banyak onderdilnya ygtidak berfungsi dengan baik. Contohnya, kumis radarnya & bel pemanggil kucingnya.

10. Apakah Doraemon bersekolah? Kalau iya, apa nama sekolahnya?

Ya. Menurut serial spin-off dari Doraemon "The Doraemons", nama sekolah dari Doraemon sederhana saja, yakni Robot School (ロボット学校, Robotto Gakkō)

11. Bagaimana prestasi Doraemon di sekolahnya?

Doraemon berprestasi buruk di sekolah robot & selama acara presentasi akhir, ia tampil buruk & tidak ada ygmau mempekerjakan dia... (kasihan ya gan ), sampai bayi Sewaishi (cicitnya Nobita) menekan tombolnya. Orangtuanya sedikit enggan, tapi karena Sewashi menyukainya, mereka menyewa Doraemon, & dia merawatnya sampai Sewaishi sendiri mengirimnya ke masa lalu untuk mengurus Nobita (& di sinilah petualangan tokoh favorit kita bersama Nobita ini dimulai...)

12. Berapa jumlah alat di kantong doraemon sampai saat ini?

Kurang lebih 4500 alat (dōgu) telah dikeluarkan dari kantong doraemon mulai dari episode pertama sampai saat ini, termasuk ygpaling populer adalah Doko Demo Doa (Pintu Ke mana saja), Take-copter (Baling2 Bambu), Kuukihou (Meriam Senapan Angin) & Time Machine (Mesin Waktu)

13. Bagaimana cara menyalakan & memadamkan Doraemon?

Tombol turn on/off Doraemon adalah sebuah switch berbentuk bola kecil bulat ygmenjadi ekornya

14. Tangan Doraemon bulat begitu, kok bisa memegang barang?

Tangan Doraemon memiliki kekuatan adhesive & daya vacuum ygluar biasa sehingga benda apa pun dapat menempel di tangannya [dari Doraemon no Himitsu, di Doraemon volume 11] Teknologi ygdigunakan pada tangannya ini mirip dengan gaya gravitasi bumi dalam skala mini.

15. Tokoh "Pak Guru" sudah sering muncul di Doraemon, siapa tuh nama aslinya?

Tokoh Pak Guru ygsebenarnya juga sangat mencemaskan Nobita (tapi dasar Si Nobita males2an aja, jadi ya...) ini memang sebenarnya dari awal tidak mempunyai nama & hanya disebut Sensei (先生) aja. Namun, pada versi ygdiputar di Nihon Television, ia diberi nama asli "Ganari" (我成)



16. Masih ingat dengan Paman ygsuka memberi angpau tahun baru pada Nobita? Siapa namanya? Apa perkerjaannya?

Namanya adalah Nobirou Nobi, adik dari ayah Nobita yakni Nobisuke. Ia adalah seorang atlet ygsukses

17. Siapa nama orangtua Nobita dalam versi Amerika?

Ayah: Marvim Nobi & Ibu: Rukia Nobi

18. Kenapa Doraemon dan Dorami dikatakan sebagai kakak & adik?

Ini menjadi misteri yang menarik... mengapa Doraemon dan Dorami disebut sebagai kakak beradik?

Ternyata, karena mereka berdua "dilahirkan" dari satu tangki minyak yang sama...dan "Doraemon" lahir lebih dahulu dari Dorami (2 tahun lebih tua), sehingga ia disebut "kakak", kemudian Dorami juga disewa oleh keluarga Sewashi setelah Doraemon, sehingga ia disebut "adik."

19. Siapa yang lebih "hebat"? Dorami atau Doraemon? Apa buktinya?

Menurut data, Dorami lebih hebat dari Doraemon... Dorami mampu menghasilkan energi sebesar 10000 tenaga kuda, silakan bandingkan dengan Doraemon yang hanya bisa mengeluarkan sebesar 129.3 tenaga kuda (angka hokinya Doraemon nih )

20. Kenapa Dorami lebih hebat dari Doraemon, kakaknya?

Ada sesuatu yang lucu mengenai hal ini... di mana ilmuwan yang membuat Doraemon dan Dorami berkata bahwa minyak yang digunakan untuk membuat robot tipe "bersaudara" ini, salah satu lapisan akan menjadi stagnant dan tenggelam ke bawah. Lapisan yang bagian bawah ini akan menghasilkan kualitas robot kucing yang lebih baik.

Fakta ini menjelaskan bahwa kemungkinan besar Dorami menjadi robot yang lebih bagus dari Doraemon karena Dorami diciptakan setelah Doraemon (sekitar 2 tahun kemudian), atau singkatnya... Doraemon dibuat dengan lapisan minyak yang atas dan Dorami dibuat dengan lapisan minyak yang bawah, yang lebih bagus kualitasnya, meski mereka lahir dari 1 tangki minyak

21. Bagaimana Dorami muncul di keluarga Nobita? Siapa empunya Dorami?

Dorami sebenarnya tidak langsung muncul dalam keluarga Nobita, namun di keluarga cicit-cicitnya Nobita di abad 22 yakni Sewashi. Dorami dibeli untuk menggantikan Doraemon, yang dikirim untuk menemani Nobita. Yang memiliki Dorami adalah Sewashi dan yang mengirim Dorami (dan Doraemon) juga Sewashi. Dorami biasanya dikirim untuk menggantikan tugas Doraemon menjaga Nobita apabila Doraemon sedang dalam urusan penting sehingga ia tidak bisa menemani Nobita, misalnya saat ia harus di-tune up di pabrik.

22. Bagaimana Doraemon buang air?

Sistem pencernaan Doraemon meski berupa mesin, namun mampu mengolah bahan apa pun (organik maupun no organik) menjadi sumber tenaga berbentuk sejenis minyak tanpa ampas.

Sehingga, meski tidak pernah dijelaskan, namun saya rasa Doraemon tidak pernah berekskresi (buang air), karena minyak yang ada seluruhnya diubah menjadi sumber energi untuk menggerakkan Doraemon

23. Siapa Ayah - Ibu Sizuka? Kenapa ayah Sizuka jarang terlihat?

Ibu Shizuka = Maaf sekali, sampai saat ini, ibu Shizuka tidak punya nama

Ayah Shizuka = Yoshio Minamoto
Beliau sangat sering terlihat di Episode Spesial Malam Sebelum Pernikahan Shizuka dan Nobita

Ibu Suneo dan Ibu Giant juga sampai saat ini juga belum "diberi nama"

Bapak dan Ibu Dekisugi memang tidak pernah tampak... alasannya... ya karena tokoh utamanya adalah Nobita dan Doraemon, bukan Dekisugi

24. Siapa Perancang Doraemon?

Nah... sekarang mari kita meneliti pertanyaan yang menarik: siapakah pembuat Doraemon dan Dorami yang sebenarnya?

Yang menjadi penyebab konflik adalah beredarnya "ending" Doraemon yang menyatakan bahwa Doraemon mengalami malfungsi, di mana Nobita terpacu untuk belajar keras, menikah dengan Shizuka, dan akhirnya menjadi ilmuwan handal. Di versi ending ini, pencipta Doraemon tidak lain dan tidak bukan adalah Nobita. Ini adalah ending yang "sangat masuk akal" dan "melengkapi lingkaran cincin epos dan mitos antara persahabatan Doraemon dan Nobita, sebuah hubungan persaudaraan yang sudah melebihi ikatan antara manusia dan robot, bahkan melebihi saudara kandung"

Tapi sayangnya... faktanya Doraemon tidak pernah, atau belum memiliki ending.

Cerita "ending" di mana Nobita menciptakan Doraemon di atas hanyalah sekedar "doujinshi" (semacam manga berjenis fanfiction alias tidak diterbitkan oleh sang pembuat aslinya) yang konsep awalnya dikembangkan oleh Nobuo Sato kemudian diterbitkan oleh Tajima T Yasue pada tahun 2005

Nahhh... lalu, betulkah sang pencipta Doraemon dan Dorami tidak pernah muncul di film?

Jawabannya: pernah. Dan ia hanya dijuluki sebagai "The Scientist" (sang ilmuwan) sehingga menjadikannya tokoh yang "memiliki kesempatan terbuka dalam penceritaan, akan siapa sebenarnya jati diri sesungguhnya" Well... yang pasti kemungkinan itu adalah Nobita sangat kecil, karena Doraemon diciptakan di masa Sewashi (cicit-cicit-cicittttnya Nobita) di mana Nobita pasti sudah almarhum

Berikut adalah "penampakan" dari The Scientist:



25. Kenapa Doraemon "harus" takut sama tikus?

Doraemon takut sama tikus karena trauma sebab kuping robotnya digerigiti robot tikus juga saat ia tidur siang.

Mengapa"harus" takut sama tikus? Jawabannya mungkin agak tidak bermutu dan sama sekali BUKAN fakta, hanya sekedar opini ane: ya karena Fujiko Fujio maunya begitu.

Was I joking? No, seriously! Fujiko Fujio terkenal dengan imajinasi mereka yang tinggi bahkan di karya2 mereka selain Doraemon. Mereka gemar menciptakan unsur2 humor segar yang bahkan belum pernah dikemukakan di zaman itu. Anggaplah mereka ini JK Rowling-nya Jepang di zaman baheula.

Dengan dasar pikiran begitu...saya hanya menebak-nebak bahwa duo Fujiko Fujio tahu, bahwa dengan menciptakan reversed hunting (tikus menakuti kucing, kucing menakuti anjing, manusia menakuti hantu) sebagai running gag di Doraemon... maka akan menambah unsur komedi yang ajeg di serial ini, sekaligus mempertinggi kesan bahwa Doraemon adalah robot yang "adorable" dan tidak berbahaya bagi manusia sebab ia toh takut dengan hanya....tikus, mangsa alaminya

26. Kue dorayaki itu apa sih?

Mari kita bedah bersama "isi" dari Dorayaki [ドラ焼き] ini. Kue berbentuk "dora" (gong) ini sesungguhnya adalah salah satu cemilan khas Jepang yang sudah terkenal bahkan sebelum Doraemon ada. Dorayaki dibuat dari setangkup (2 buah) patty yang dibuat dari mastella, dan diisi dengan pasta kacang merah...yum...

Dorayaki di beberapa daerah seperti Nara disebut juga Mikasa [三笠] yang bisa diartikan sebagai "tiga topi jerami" atau nama lain dari Gunung Wasakusa. Karena orang yang menikmati pemandangan gunung tsb biasanya sambil makan roti ini, maka roti ini disebut roti Mikasa, gan

Di Indonesia, Dorayaki biasanya isinya digantikan dengan coklat atau keju coklat, meski tak sedikit toko kue yang mengisinya dengan kacang+coklat.

Ini contoh pic asli dari Dorayaki:





Oishii ne...

27. Apakah Paman Kaminari mempunyai istri?

Buat agan2 yang belum tahu, Paman Kaminari adalah tokoh di Doraemon, seorang om2 yang punya rumah deket lapangan yang biasa dipakai Nobita & kawan2 nya bermain baseball. Menjadi salah satu humor di dalam serial ini bahwa mereka seringkali memecahkan kaca rumah Kaminari saat bermain baseball, dan pasti Nobita-lah yang disuruh oleh Giant dan Suneo untuk mengambil bolanya dan meminta maaf...hanya agar Nobita dimarahi dan di-kejar2 oleh si Kaminari.

Ini pic-nya Paman Kaminari:



Saya sendiri memang belum tahu (dan belum pernah menemukan) adegan yang memberitahu apakah Kaminari memiliki istri, serta siapa nama istrinya. Maaf, saya benar2 gak tau soal yang ini. Kalau ada yang bisa bantu, beritahu saya ya...thanks

28. Apakah doraemon mempunyai teman sesama robot?

Wangdora(robot dora silat2 kerjaannya-di cina),Doramed(robot dora berpakaian arabic.jadi raksasa kalau marah)
dorarinyo(pelupa-suka soccer dari brazil),doranicov(bisu.jadi srigala kalau lihat benda bulat),dorathekid(robot dora pd masa koboi),El matadora(robot dora di spanyol)dan dorami.

Itulah nama teman-teman Doraemon dari serial spin-off Doraemon, yakni The Doraemons (yang sudah terbit di Indonesia).

Dan... Doraemon sendiri juga cukup sering dikunjungi oleh teman-temannya dari masa depan di serial anime-nya. Contohnya adalah Toraemon, Pawaemon, dan Gatchako. Mantan pacar Doraemon juga seekor robot kucing, namanya Noramyako.

Mungkin yang paling terkenal adalah Toraemon ya, semacam "rival" dari Doraemon... sebab banyak orang yang membuat gambarnya... berikut adalah salah satu ilustrasinya:



Lalu, dalam serial spin-off lainnya yakni "Dorabase" (juga sudah terbit di Indonesia), diceritakan bahwa Doraemon memiliki teman akrab yakni Kuroemon, protagonis utama di cerita ini. Doraemon dulu-nya pitcher di teamn Kuroemon, sampai saat di mana ia harus meninggalkan tim untuk merawat Nobita

29. Jika pasangan Nobita adalah Sizuka. Siapa pasangan untuk Suneo dan Gian?

Maaf, untuk pertanyaan yang satu ini saya tidak tahu, karena memang belum pernah diceritakan di serial/komiknya sendiri. Ada yang bisa membantu?

30. Kenapa bisa sih takdir nobita bisa berubah..kan harusnya nobita menikah dengan jaiko tp kenapa mesti dengan shizuka? Andaikata nobita menikah dengan shizuka kenapa sewashi punya ingatan klo nobita menikah dengan jaiko?

Mengapa takdir Nobita bisa berubah? Tentu saja karena intervensi dari Doraemon dan kantong ajaibnya...namun benarkah semata-mata hanya begitu?

Meski cukup samar, namun dalam salah satu episode Doraemon versi baru (serial tahun 2005), diperlihatkan bahwa sesungguhnya Shizuka juga "has a romantic feeling towards Nobita" bahkan tanpa intervensi peralatan Doraemon. Sayangnya, Nobita anaknya pemalas dan kurang PD, sehingga dalam alur waktu tanpa Doraemon, Nobita tidak punya keberanian untuk mendekati Shizuka. Ia pun menjadi orang gagal sepanjang hidupnya, dan selalu dirundung kemalangan. Ia menikah dengan Jaiko, karir dan pekerjaannya memburuk (bangkrut), sampai ia kabur meninggalkan keluarganya dan berakhir dengan mengenaskan...

Nah, lalu di sinilah kita sampai pada jawaban "andaikata nobita menikah denganshizuka kenapa sewashi punya ingatan klo nobita menikah dengan jaiko?" Seperti layaknya cerita dengan unsur "perjalanan waktu" (contoh: Final Fantasy 8 dan Haruhi) yang lainnya, di dunia Doraemon sendiri terjadi "anomali waktu" yang tidak diketahui pangkalnya. Sewashi sendiri pernah menekankan, bahwa waktu dan takdir mempunyai metafora seperti ini:

Anggap takdir seperti sebuah tempat pemberhentian. Meski kita pergi ke sana dengan menggunakan bus, atau mobil, atau kendaraan lain... namun kita tetap bisa sampai di sana dengan baik.

Intinya, Sewashi menekankan bahwa pada titik singularitas alur waktunya, Nobita menikah dengan Jaiko dan mempunyai anak, namun hidupnya diundung malang dan mengenaskan. Anak Nobita menikah, mempunyai keturunan...terus dan terus sampai masa Sewashi. Pada era Sewashi. teknologi sudah sedemikian canggihnya hingga ada mesin waktu dan manusia bisa memeriksa apa yang terjadi di masa lalu. Sewashi yang menemukan bahwa nenek moyangnya yakni Nobita mengalami sejarah hidup yang buruk, merasa kasihan dan mengirimkan Doraemon ke masa Nobita. Nah, Doraemon menjadi penyebab perubahan kehidupan Nobita, yang mampu mengelaurkan potensi2 tersembunyinya dan berhasil menikah dengan Shizuka. Mereka hidup makmur dan mempunyai anak (Nobisuke) yang juga menikah, mempunyai keturunan...terus dan terus... dan akhirnya menghasilkan Sewashi pula

Urutannya begini:

Nobita (tanpa Doraemon) -> Menikahi Jaiko -> Punya anak -> Punya cicit -> Lahirlah Sewashi -> Doraemon diciptakan, Sewashi membelinya -> Sewashi memeriksa sejarah kakek-kakek-kakek buyutnya (Nobita) -> Seashi yang kasihan, mengirim Doraemon -> Nobita (dengan Doraemon) -> Kehidupan Nobita jauh membaik -> Menikahi Shizuka -> Punya anak -> Punya cicit -> Lahirlah Sewashi (result yang ada sama, ini yang menjelaskan mengapa Sewashi tidak menghilang meski takdir Nobita berubah dan ia malah menikahi Shizuka alih-alih Jaiko)

Bagaimana? Bingung? Memang... inilah kelebihan sekaligus kelemahan cerita yang mempunyai unsur perpindahan waktu. Loop yang ada memang menarik disimak, namun karena tidak diketahui singularitas keberapakah titik awal dari semua perubahan ini, cerita ini jadi membingungkan

Demikian penjelasan saya, maaf jika kurang memuaskan

31. Kenapa nobita harus kelas 5 sd dan sampai sekarang pun masih kelas 5 sd?

Untuk tambahan saja, Nobita sesungguhnya kelas 4 SD... namun dalam versi Indonesia ia adalah kelas 5 SD.

Sampai saat ini, belum ada jawaban yang jelas untuk pertanyaan agan yang satu ini. Namun, saya hanya bisa memberi dugaan bahwa memang seperti itulah keinginan Fujiko Fujio. Fujiko Fujio pernah menyampaikan bahwa mereka ingin membuat cerita yang bersifat edukatif untuk semua umur, termasuk anak-anak. Nobita dan kawan-kawannya terus-menerus kelas 5 SD agar serial Doraemon ini bisa terus ditonton oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Kalau Nobita dan kawan-kawannya bertambah besar, lalu perasaan "semi-romantisme" alias cinta nyomet Nobita ke Shizuka berubah jadi romantisme beneran, nanti cerita Doraemon nggak layak tonton buat anak2 dong?

32. Ada keterangan lbih lanjut tentang fujiko fujio? Apa dia masih hidup sampai saat ini?

Hanya salah satu dari mereka sudah meninggal. Ya, banyak yang belum tahu bahwa Fujiko Fujio adalah 2 orang (Fujiko F. Fujio dan Fujiko A. Fujio). Duo ini pecah tahun 1987. Kemudian, Fujiko F. Fujio meninggal pada 23 September 1996 karena penyakit pada liver-nya Fujiko A. Fujio sendiri menurut kabar, belum meninggal sampai saat ini.

Hanya saja, karena sejak pecahnya duo ini semenjak 1987, Fujiko F. Fujio meneruskan karya ini sendirian di bawah pen-name nya... sehingga beliau yang mendapat hak dan royalti penuh atas Doraemon.

Pengisi suara karakter Doraemon di Indonesia adalah Nurhasanah, kemudian sempat diganti (tapi saya lupa nama penggantinya), kemudian menjadi Nurhasanah lagi sejak munculnya Movie Doraemon: Petualangan Nobita dan Dinosaurus (remake)

33. Kenapa Doraemon sering dikira musang?

Wah, satu lagi pertanyaan yang agak sukar cari jawabannya, karena tidak pernah ada alasan yang benar-benar jelas. Mungkin ini semacam pun (gurauan) saja dari Fujiko F. Fujio. Musang dan cerpelai menurut kebudayaan Jepang adalah hewan yang tricky dan memiliki banyak akal, mungkin sesuai dengan image Doraemon yang "ajaib" dengan segala perlatannya tersebut. Dan Doraemon kalau sekeliling matanay diwarnai hitam memang agak mirip musang ketimbang kucing...

34. Siapa nama pacar Doraemon yang adalah kucing asli?

Namanya adalah Mii-chan

35. Mengenai Ending Doraemon yang Sebenarnya

Pasti sudah banyak yang tahu, bahwa jawaban pastinya jelas: serial Doraemon sampai saat ini belum memiliki ending resmi

Serial Doraemon utama (dalam format manga) sendiri seperti yang kita tahu, terbit hanya sampai volume ke-45. Chapter terakhir dari volume tersebut pun sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa itu adalah ending, dan manga Doraemon pun terhenti sampai volume 45 tersebut tanpa ada kelanjutannya.

Penyebab utamanya adalah pecahnya duoa Fujio Fujiko pada tahun 1987 dan meninggalnya Fujiko F Fujio pada 1996 tanpa adanya kejelasan dan persetujuan dari Fujiko F Fujio sendiri dengan penerbit yang ada pada masa itu, sehingga manga Doraemon sendiri tidak bisa dikatakan memiliki ending, bahkan sampai saat ini.

Namun, Doraemon sendiri pernah "memiliki" ending di tengah-tengah, yakni pada Maret 1972 di majalah Shogaku-4-nensei, di mana Doraemon menyatakan bahwa ia harus pergi kembali ke masa depan (abad 22) gara2 ada permasalahan dengan mesinnya dan Nobita harus merelakannya pergi. Nobita pada awalnya tidak rela, namun setelah diyakinkan oleh Doraemon, akhirnya ia berbesar hati. Doraemon pergi setelah Nobita berjanji mau menunggunya dan berusaha untuk dirinya sendiri selama Doraemon tidak ada, Akhirnya Doraemon pun kembali.

"Ending" tersebut sempat mau dijadikan ending dari serial anime-nya juga, karena, di luar pengetahuan kita, ternyata anime Doraemon pada awalnya tidak begitu laku. Namun, kalau kehendak Tuhan sudah terjadi, siapa yang dapat menyangka? Ternyata, manga Doraemon memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya dan permintaan untuk melanjutkan serial Doraemon di majalah tersebut semakin meningkat. Akhirnya, bulan depannya, serial manga Doraemon di-"restart" ulang, meskipun ending yang disebutkan diatas tidak dicetak ulang. Di anime-nya pun, pada tahun 1981 kedatangan Doraemon kembali ini dibuat menjadi episode khusus "Doraemon Comes Back" dan pada tahun 1998, episode ini dirilis sebagai sebuah TV Movie.

Lalu, bagaimana dengan nasib manga Doraemon? Ya itu tadi, karena banyak permintaan dari penggemar, maka manga tersebut dilanjutkan. Pada Maret 1973, sebuah "arc" ditambahkan pada "ending" di atas sehingga menjadi seperti ini:

Nobita kembali dijahili Giant dan ia seperti biasa, pulang dan mengadu kepada Doraemon. Tanpa ia sangka, Doraemon malah menasihatinya agar mandiri dan menyatakan bahwa ia harus pergi kembali ke masa depan (abad 22) gara2 ada permasalahan dengan mesinnya dan Nobita harus merelakannya pergi. Nobita pada awalnya tidak rela, namun setelah diyakinkan oleh Doraemon plus membicarakan hal ini dengan orang tua Nobita, akhirnya ia berbesar hati. Nobita dan Doraemon berjalan-jalan ke taman untuk "mengenang persahabatan mereka." Nobita berjanji pada dirinya sendiri untuk tidak merepotkan Doraemon, dan pernyataan ini membuat Doraemon terharu dan berkata pada Nobita bahwa ia pergi ke arah lain sebentar untuk meredakan keharuannya. Di tengah jalan, Nobita yang sendirian bertemu Giant dan berkelahi. Nobita, yang sudah memutuskan untuk tidak membuat Doraemon khawatir sehingga bisa pulang dengan tenang, melawan Giant dengan sekuat tenaganya sampai habis-habisan. Meski sudah babak belur, Nobita tidak menyerah dan terus mendorong Giant. Giant, karena frustasi bercampur takut dan juga kasihan melihat Nobita bersikap begitu, akhirnya mengaku kalah. Doraemon akhirnya menemukan Nobita di lapangan, sudah tepar gara2 berkelahi dengan Giant. Nobita, dengan muka lebam dipapah Doraemon yang tersenyum terharu gara-gara keberanian Nobita. Nobita berkata "Lihat Doraemon, aku menang kan. Aku juga bisa, meski tidak mengandalkan bantuanmu. Kini kamu bisapulang dengan tenang." Doraemon hanya tersenyum, dan ia membaringkan Nobita di futon-nya dan menyelimutinya. Doraemon menemani Nobita yang tertidur sepanjang malam dengan terharu dan lega. Esok paginya, Doraemon sudah kembali ke masa depan.

Namun di chapter berikutnya, ternyata tanpa Doraemon, hidup Nobita tidaklah mudah. Ia terus menerus dijadikan bahan bullying oleh Giant dan Suneo. Meski Nobita sudah berjanji tidak lagi merepotkan Doraemon, lama2 ia stress juga. Puncaknya adalah bahwa pada April Mop, Giant dan Suneo dengan kejamnya membohongi Nobita bahwa mereka melihat Doraemon sudah kembali dari masa depan. Nobita yang sangat sayang dengan Doraemon, langsung saja menghambur ke rumahnya, hanya untuk mendapati bahwa Giant dan Suneo sudah membohonginya. Nobita kesal dan mulai menangis, namun tiba-tiba ia menemukan kotak berbentuk Doraemon. Di dalamnya ada secarik kertas yang berbunyi "Dalam keadaan terdesak, gunakan ini. Ramuan ini bernama USO800, dan apapun yang kamu katakan akan jadi bohong."

Nobita, dengan semangat penuh pembalasan dendam (eng ing eng ) minum USO800 dan berhasil mengerjai Giant dan Suneo dengan berkata bahwa hari cerah (menjadi hujan), dan sebagainya...pokoknya semua ucapan Nobita akan menjadi benar-benar BOHONG. Giant dan Suneo berhasil ia takut-takuti. Nobita, tiba-tiba kehilangan gairah untuk mengerjai orang. Ia merasa dirinya hampa tanpa Doraemon. Di rumah, ia bertanya pada ibunya apakah Doraemon sudah pulang ke zaman Nobita, dan tentu saja ibunya menjawab "Belum." Nobita, yang sadar bahwa Doraemon kemungkinan besar tidak akan pernah kembali ke abad 20, mulai menangis dan kecewa, lalu berkata "Doraemon tidak akan pernah kembali..." dan...

Berkat efek USO800, tentu saja itu juga jadi bohong! Doraemon tahu2 muncul kembali dari laci meja belajar Nobita...dan setelah menyadari bahwa Nobita sudah minum USO800, mereka berdua berpelukan sambil berkata "Aku sangat tidak bahagia! AKhirnya kita tidak bisa bersama lagi selamanya!"

Kedua chapter mengenai "Ending di tengah-tengah" ini dimuat di tankoubon Doraemon volume 7. Silahkan agan2 kembali ubek2 lagi koleksi lama Doraemon

Nah...lalu bagaimana setelah itu? Ya... ternyata serial Doraemon mengalami lonjakan fans baik dari manga dan anime-nya, membuahkan beratus-ratus chapter manga dan episode anime seperti yang kita ketahui sekarang. Meski demikian, manga utama Doraemon memang "berhenti" di 45 karena alasan2 yang sudah disebutkan di atas. Sementara anime-nya terus berlanjut sampai sekarang, yang terbaru adalah season keempat yang dimulai dari 1 Mei 2009 di TV Asahi, sampai sekarang. Season ini rencananya akan ditayangkan di Nickelodeon of South East Asia untuk negara2 di Asia Tenggara mulai July 2010... jadi kemungkinan besar serial anime Doraemon yang terbaru, sama seperti The Legend of Aang dan SpongeBob bisa jadi akan masuk Indonesia dan bisa kita nikmati bersama lewat Nickelodeon nih... dimohon doanya aja ya agan2 sekalian

Dan seperti yang kita tahu, Doraemon terus "menelurkan" movie tiap tahunnya, yang dalam versi manga-nya kita kenal sebagai "Doraemon Petualangan"

36. Mengenai "Ending" Doraemon yang adalah Doujinshi

Lalu bagaimana dengan sebuah chapter terkenal mengenai Nobita sebagai si pembuat Doraemon? Ya, harus diakui bahwa chapter yang satu itu memang sangat mengesankan dan "menjadi masuk akal" dari segi cerita. Saya sendiri adalah salah satu fans dari "ending" tersebut... namun perlu kembali saya tekankan di sini bahwa Doraemon tidak, atau belum memiliki ending resmi.

Ya, ending tersebut adalah sebuah doujinshi, karya buatan orang lain yang bukan pembuat asli dari Doraemon (mengingat doujinshi ini terbit pada 2005 padahal Fujiko F Fujio sendiri sudah meninggal lama sebelumnya pada 1996). Endiing yang satu ini ditulis skenarionya oleh Nobuo Sato dan dibuat format manganya oleh Tajima T Yasue pada tahun 2005. Di luar dugaan, ending ini sangat populer lho gan, bahkan nggak cuma di Jepang saja, sampai2 Shogakukan sendiri selaku pemegang resmi penerbitan manga Doraemon, kudu turun tangan sendiri buat menghentikan dicetaknya doujin yang satu ini dan menyita semua kopi yang ada. Tajima T Yasue sendiri meminta maaf secara resmi pada Shogakukan pada 2007 setelah membayar sejumlah uang "ganti rugi." Sebenarnya ane rada simpati gan sama si Tajima ini ... kan dia sebenarnya cuma salah satu doujinka yang juga ingin agar persahabatan Doraemon dan Nobita tetap abadi bahkan di masa depan, tapi ya sudahlah...

Nah, selain "ending jadi2an" tsb, masih banyak doujinshi buatan para penggemar Doraemon lainnya yang mencoba "menamatkan Doraemon". Beberapa di antaranya yang cukup terkenal:

1) Nobita ternyata adalah anak yg mengidap autisme akut, dan segala "petualangan" dia dengan Doraemon dan kawan-kawan hanyalah mimpi dan angan-angannya belaka. Saking parahnya ending ini, pembaca yang mengira ini "beneran" langsung demo di luar kantor penerbit lho Untung akhirnya mereka paham dan tahu bahwa itu hanyalah sebuah doujinsh i

2) Yang ini bakalan rada menyedihkan Karena cerobohnya nggak ketulungan, kepala Nobita terantuk batu dan ia mengalami luka para sampai coma dan masuk ke kondisi sub-vegetatif Untuk mencari biaya bagi operasi Nobita, Doraemon menjual semua alat dari Kantong 4 Dimensi-nya. Sayangnya, operasi tsb gagal dan Doraemon ternyata masih menyisakan satu alat yang belum ia jual, yakni sejenis mesin waktu yang bisa membawa Nobita ke era dan waktu manapun yang Nobita inginkan. Pada akhirnya, tempat yang paling ingin Nobita kunjungi adalah Surga

Demikianlah beberapa "alternative endings" lainnya buatan para penggemar... Banyaknya ending jadi-jadian ini justru menunjukkan betapa dunia mencintai Doraemon Semoga dengan post yang satu ini, membuat kita semua mampu memahami bahwa Doraemon sendiri belum memiliki ending resmi, namun dengan ending atau tanpa ending, kita tentunya tetap mencintai serial robot kucing yang satu ini.
 
http://www.stev7.com/2010/05/36-fakta-menarik-doraemon.html

Kamis, 27 Oktober 2011

sahabat :***

  • Sahabat adalah mereka yg tahu bahwa ada sedih di matamu ketika seluruh dunia percaya dengan senyum di wajahmu .
  • Sahabat, Kau adalah mutiara dengan indah sinarnya Terpendam tapi selalu aku dirindukan.
  • Sahabat, Kau adalah matahari dengan seberkas sinar terang yang selalu menghangatkan dunia yang gersang.
  • Sahabat, Kita menangis dan bersedih bersama, Kau selalu ada di kala aku gundah, di Kala hati resah kau temani aku. :)
  • sahabat , aku mencintaimu dan menyayangimu seTULUS hati ku . 
  • sahabat setiap detik aku rindu kalian , terselip sebuah keinginan tuk bersamamu ,mengulang kebersamaan kita .
  • Sahabat, kamu yang mengajariku tentang arti cinta, dan kamu juga yang mengajarkanku tentang sakitnya patah hati.
  • sahabat kau menyadarkanku ,betapa berharganya kalian di hidupku.
  • Sahabat , kau mampu membuat ku tersenyum lepas, ketika semua orang membuat aku bersedih.
  • sahabat,  dengan senyuman, kau luluhkan hatiku. Dengan senyuman, kau perlihatkan dunia padaku 
  • Sahabat bukan mereka yg menghampirimu ketika butuh, namun mereka yg tetap bersamamu ketika seluruh dunia menjauh .

Jumat, 14 Oktober 2011

sahabat terbaik

 
sifa , gue , indah ,ratna dan seharusnya ada puspa 
gue sayang kalian ,kalian sahabat gue . sahabat yang sangat sangat sangat berarti buat gue . gue sayang kalian kenangan yang kalian kasih buat gue akan sangat berharga buat gue .gue ga mau pisah dengan kalian,gue udah ngerasa nyaman dengan kalian ,kalian inget kan dengan semua hal hal yang telah kita lakukan selama SMA . mulai dari cabut bimbel ,makan bekel rame rame ,poto breng ,ngecengin orang sampe guru pun kita cengin .hahahhaha kalo inget masa masa itu rasanya gue mau banget balik ke SMA agar gue bisa bersama kalian terus . 
kuliah itu ga enak teman .gue mesti beradaptasi lagi dengan teman baru yang berbeda beda sifat . gue ga nemuin orang yang seperti elu di kampus gue . dari sna gue sadar kalo kalian adalah temen teman gue yang berharga .gue akan jaga kalian teman . gue harap kita akan sampe tua nanti akan terus bersamamu . gue akan cerita ke anak cucu gue kalo gue punya shabat terbaik yaitu elo semua .
ILOVE YOUU JOJOLA ,I MISS YOU AND I NEED YOU . MUAAAHMMUAAAH buat kalian

Minggu, 09 Oktober 2011

pengantar manajemen


MANAJEMEN
Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.
1.         Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
2.        Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
ETIMOLOGI
Kata manajemen mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti "mengendalikan," terutamanya "mengendalikan kuda" yang berasal dari bahasa latin manus yang berati "tangan". Kata ini mendapat pengaruh dari bahasa Perancis manège yang berarti "kepemilikan kuda" (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
SEJARAH ILMU EKONOMI
Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen. Namun diketahui bahwa ilmu manajemen telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jika tidak ada seseorang tanpa memedulikan apa sebutan untuk manajer ketika itu yang merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c5/Egypt.Giza.Sphinx.01.jpg/200px-Egypt.Giza.Sphinx.01.jpg

Piramida di Mesir. Pembangunan piramida ini tak mungkin terlaksana tanpa adanya seseorang yang merencanakan, mengorganisasikan dan menggerakan para pekerja, dan mengontrol pembangunannya.
Praktik-praktik manajemen lainnya dapat disaksikan selama tahun 1400-an di kota Venesia, Italia, yang ketika itu menjadi pusat perekonomian dan perdagangan di sana. Penduduk Venesia mengembangkan bentuk awal perusahaan bisnis dan melakukan banyak kegiatan yang lazim terjadi di organisasi modern saat ini. Sebagai contoh, di gudang senjata Venesia, kapal perang diluncurkan sepanjang kanal dan pada tiap-tiap perhentian, bahan baku dan tali layar ditambahkan ke kapal tersebut. Hal ini mirip dengan model lini perakitan (assembly line) yang dikembangkan oleh Hanry Ford untuk merakit mobil-mobilnya. Selain lini perakitan tersebut, orang Venesia memiliki sistem penyimpanan dan pergudangan untuk memantau isinya, manajemen sumber daya manusia untuk mengelola angkatan kerja, dan sistem akuntansi untuk melacak pendapatan dan biaya.
Daniel Wren membagi evolusi pemikiran manajemen dalam empat fase, yaitu pemikiran awal, era manajemen sains, era manusia sosial, dan era modern.
Pemikiran awal manajemen
Sebelum abad ke-20, terjadi dua peristiwa penting dalam ilmu manajemen. Peristiwa pertama terjadi pada tahun 1776, ketika Adam Smith menerbitkan sebuah doktrin ekonomi klasik, The Wealth of Nation. Dalam bukunya itu, ia mengemukakan keunggulan ekonomis yang akan diperoleh organisasi dari pembagian kerja (division of labor), yaitu perincian pekerjaan ke dalam tugas-tugas yang spesifik dan berulang. Dengan menggunakan industri pabrik peniti sebagai contoh, Smith mengatakan bahwa dengan sepuluh orang masing-masing melakukan pekerjaan khusus perusahaan peniti dapat menghasilkan kurang lebih 48.000 peniti dalam sehari. Akan tetapi, jika setiap orang bekerja sendiri menyelesaikan tiap-tiap bagian pekerjaan, sudah sangat hebat bila mereka mampu menghasilkan sepuluh peniti sehari. Smith menyimpulkan bahwa pembagian kerja dapat meningkatkan produktivitas dengan (1) meningkatnya keterampilan dan kecekatan tiap-tiap pekerja, (2) menghemat waktu yang terbuang dalam pergantian tugas, dan (3) menciptakan mesin dan penemuan lain yang dapat menghemat tenaga kerja.
Peristiwa penting kedua yang memengaruhi perkembangan ilmu manajemen adalah Revolusi Industri di Inggris. Revolusi Industri menandai dimulainya penggunaan mesin, menggantikan tenaga manusia, yang berakibat pada pindahnya kegiatan produksi dari rumah-rumah menuju tempat khusus yang disebut pabrik. Perpindahan ini mengakibatkan manajer-manajer ketika itu membutuhkan teori yang dapat membantu mereka meramalkan permintaan, memastikan cukupnya persediaan bahan baku, memberikan tugas kepada bawahan, mengarahkan kegiatan sehari-hari, dan lain-lain, sehingga ilmu manajamen mulai dikembangkan oleh para ahli.
Era manajemen ilmiah
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b7/Frederick_Winslow_Taylor.JPG/200px-Frederick_Winslow_Taylor.JPG Frederick Winslow Taylor.
Era ini ditandai dengan berkembangan perkembangan ilmu manajemen dari kalangan insinyur seperti Henry Towne, Frederick Winslow Taylor, Frederick A. Halsey, dan Harrington Emerson. Manajemen ilmiah, atau dalam bahasa Inggris disebut scientific management, dipopulerkan oleh Frederick Winslow Taylor dalam bukunya yang berjudul Principles of Scientific Management pada tahun 1911. Dalam bukunya itu, Taylor mendeskripsikan manajemen ilmiah adalah "penggunaan metode ilmiah untuk menentukan cara terbaik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan." Beberapa penulis seperti Stephen Robbins menganggap tahun terbitnya buku ini sebagai tahun lahirya teori manajemen modern.
Henry Gantt yang pernah bekerja bersama Taylor di Midvale Steel Company menggagas ide bahwa seharusnya seorang mampu mandor memberi pendidikan kepada karyawannya untuk bersifat rajin (industrious ) dan kooperatif. Ia juga mendesain sebuah grafik untuk membantu manajemen yang disebut sebagai Gantt chart yang digunakan untuk merancang dan mengontrol pekerjaan.
Manajemen ilmiah kemudian dikembangkan lebih jauh oleh pasangan suami-istri Frank dan Lillian Gilbreth. Keluarga Gilbreth berhasil menciptakan micromotion yang dapat mencatat setiap gerakan yang dilakukan oleh pekerja dan lamanya waktu yang dihabiskan untuk melakukan setiap gerakan tersebut.
Era ini juga ditandai dengan hadirnya teori administratif, yaitu teori mengenai apa yang dilakukan oleh para manajer dan bagaimana cara membentuk praktik manajemen yang baik. Pada awal abad ke-20, seorang industriawan Perancis bernama Henry Fayol mengajukan gagasan lima fungsi utama manajemen: merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan. Gagasan Fayol itu kemudian mulai digunakan sebagai kerangka kerja buku ajar ilmu manajemen pada pertengahan tahun  dan terus berlangsung hingga sekarang. Selain itu, Henry Fayol juga mengagas 14 prinsip manajemen yang merupakan dasar-dasar dan nilai yang menjadi inti dari keberhasilan sebuah manajemen.
Sumbangan penting lainnya datang dari ahli sosilogi Jerman Max Weber. Weber menggambarkan suatu tipe ideal organisasi yang disebut sebagai birokrasi bentuk organisasi yang dicirikan oleh pembagian kerja, hierarki yang didefinisikan dengan jelas, peraturan dan ketetapan yang rinci, dan sejumlah hubungan yang impersonal. Namun, Weber menyadari bahwa bentuk "birokrasi yang ideal" itu tidak ada dalam realita. Dia menggambarkan tipe organisasi tersebut dengan maksud menjadikannya sebagai landasan untuk berteori tentang bagaimana pekerjaan dapat dilakukan dalam kelompok besar. Teorinya tersebut menjadi contoh desain struktural bagi banyak organisasi besar sekarang ini.
Perkembangan selanjutnya terjadi pada tahun 1940-an ketika Patrick Blackett melahirkan ilmu riset operasi, yang merupakan kombinasi dari teori statistika dengan teori mikroekonomi. Riset operasi, sering dikenal dengan "Sains Manajemen", mencoba pendekatan sains untuk menyelesaikan masalah dalam manajemen, khususnya di bidang logistik dan operasi. Pada tahun 1946, Peter F. Drucker—sering disebut sebagai Bapak Ilmu Manajemen—menerbitkan salah satu buku paling awal tentang manajemen terapan: "Konsep Korporasi" (Concept of the Corporation). Buku ini muncul atas ide Alfred Sloan (chairman dari General Motors) yang menugaskan penelitian tentang organisasi.
Era manusia sosial
Era manusia sosial ditandai dengan lahirnya mahzab perilaku (behavioral school) dalam pemikiran manajemen di akhir era manajemen ilmiah. Mahzab perilaku tidak mendapatkan pengakuan luas sampai tahun 1930-an. Katalis utama dari kelahiran mahzab perilaku adalah serangkaian studi penelitian yang dikenal sebagai eksperimen Hawthrone.
Eksperimen Hawthrone dilakukan pada tahun 1920-an hingga 1930-an di Pabrik Hawthrone milik Western Electric Company Works di Cicero, Illenois. Kajian ini awalnya bertujuan mempelajari pengaruh berbagai macam tingkat penerangan lampu terhadap produktivitas kerja. Hasil kajian mengindikasikan bahwa ternyata insentif seperti jabatan, lama jam kerja, periode istirahat, maupun upah lebih sedikit pengaruhnya terhadap output pekerja dibandingkan dengan tekanan kelompok, penerimaan kelompok, serta rasa aman yang menyertainya. Peneliti menyimpulkan bahwa norma-norma sosial atau standar kelompok merupakan penentu utama perilaku kerja individu.
Kontribusi lainnya datang dari Mary Parker Follet. Follett (1868–1933) yang mendapatkan pendidikan di bidang filosofi dan ilmu politik menjadi terkenal setelah menerbitkan buku berjudul Creative Experience pada tahun 1924.Follet mengajukan suatu filosifi bisnis yang mengutamakan integrasi sebagai cara untuk mengurangi konflik tanpa kompromi atau dominasi. Follet juga percaya bahwa tugas seorang pemimpin adalah untuk menentukan tujuan organisasi dan mengintegrasikannya dengan tujuan individu dan tujuan kelompok. Dengan kata lain, ia berpikir bahwa organisasi harus didasarkan pada etika kelompok daripada individualisme. Dengan demikian, manajer dan karyawan seharusnya memandang diri mereka sebagai mitra, bukan lawan.
Pada tahun 1938, Chester Barnard (1886–1961) menulis buku berjudul The Functions of the Executive yang menggambarkan sebuah teori organisasi dalam rangka untuk merangsang orang lain memeriksa sifat sistem koperasi. Melihat perbedaan antara motif pribadi dan organisasi, Barnard menjelaskan dikotonomi "efektif-efisien".
Menurut Barnard, efektivitas berkaitan dengan pencapaian tujuan, dan efisiensi adalah sejauh mana motif-motif individu dapat terpuaskan. Dia memandang organisasi formal sebagai sistem terpadu di mana kerjasama, tujuan bersama, dan komunikasi merupakan elemen universal, sementara pada organisasi informal, komunikasi, kekompakan, dan pemeliharaan perasaan harga diri lebih diutamakan. Barnard juga mengembangkan teori "penerimaan otoritas" didasarkan pada gagasan bahwa bos hanya memiliki kewenangan jika bawahan menerima otoritas itu.
Era moderen
Era moderen ditandai dengan hadirnya konsep manajemen kualitas total (total quality management—TQM) di abad ke-20 yang diperkenalkan oleh beberapa guru manajemen, yang paling terkenal di antaranya W. Edwards Deming (1900–1993) and Joseph Juran (lahir 1904).
Deming, orang Amerika, dianggap sebagai Bapak Kontrol Kualitas di Jepang. Deming berpendapat bahwa kebanyakan permasalahan dalam kualitas bukan berasal dari kesalahan pekerja, melainkan sistemnya. Ia menekankan pentingnya meningatkan kualitas dengan mengajukan teori lima langkah reaksi berantai. Ia berpendapat bila kualitas dapat ditingkatkan, (1) biaya akan berkurang karena berkurangnya biaya perbaikan, sedikitnya kesalahan, minimnya penundaan, dan pemanfaatan yang lebih baik atas waktu dan material; (2) produktivitas meningkat; (3) market share meningkat karena peningkatan kualitas dan harga; (4) profitabilitas perusahaan peningkat sehingga dapat bertahan dalam bisnis; (5) jumlah pekerjaan meningkat. Deming mengembangkan 14 poin rencana untuk meringkas pengajarannya tentang peningkatan kualitas.
Kontribusi kedua datang dari Joseph Juran. Ia menyatakan bahwa 80 persen cacat disebabkan karena faktor-faktor yang sebenarnya dapat dikontrol oleh manajemen. Ia merujuk pada "prinsip pareto." Dari teorinya, ia mengembangkan trilogi manajemen yang memasukkan perencanaan, kontrol, dan peningkatan kualitas. Juran mengusulkan manajemen untuk memilih satu area yang mengalami kontrol kualitas yang buruk. Area tersebut kemudian dianalisis, kemudian dibuat solusi, dan diimplementasikan.
Teori manajemen
Manajemen ilmiah
Manajemen ilmiah kemudian dikembangkan lebih jauh oleh pasangan suami-istri Frank dan Lillian Gilbreth. Keluarga Gilbreth berhasil menciptakan micromotion yang dapat mencatat setiap gerakan yang dilakukan oleh pekerja dan lamanya waktu yang dihabiskan untuk melakukan setiap gerakan tersebut. Gerakan yang sia-sia yang luput dari pengamatan mata telanjang dapat diidentifikasi dengan alat ini, untuk kemudian dihilangkan. Keluarga Gilbreth juga menyusun skema klasifikasi untuk memberi nama tujuh belas gerakan tangan dasar (seperti mencari, menggenggam, memegang) yang mereka sebut Therbligs (dari nama keluarga mereka, Gilbreth, yang dieja terbalik dengan huruf th tetap). Skema tersebut memungkinkan keluarga Gilbreth menganalisis cara yang lebih tepat dari unsur-unsur setiap gerakan tangan pekerja.
Skema itu mereka dapatkan dari pengamatan mereka terhadap cara penyusunan batu bata. Sebelumnya, Frank yang bekerja sebagai kontraktor bangunan menemukan bahwa seorang pekerja melakukan 18 gerakan untuk memasang batu bata untuk eksterior dan 18 gerakan juga untuk interior. Melalui penelitian, ia menghilangkan gerakan-gerakan yang tidak perlu sehingga gerakan yang diperlukan untuk memasang batu bata eksterior berkurang dari 18 gerakan menjadi 5 gerakan. Sementara untuk batu bata interior, ia mengurangi secara drastis dari 18 gerakan hingga menjadi 2 gerakan saja. Dengan menggunakan teknik-teknik Gilbreth, tukang baku dapat lebih produktif dan berkurang kelelahannya di penghujung hari.
 Pendekatan kuantitatif
Pendekatan kuantitatif adalah penggunaan sejumlah teknik kuantitatif seperti statistik, model optimasi, model informasi, atau simulasi komputer untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan. Sebagai contoh, pemrograman linear digunakan para manajer untuk membantu mengambil kebijakan pengalokasian sumber daya; analisis jalur kritis (Critical Path Analysis) dapat digunakan untuk membuat penjadwalan kerja yang lebih efesien; model kuantitas pesanan ekonomi (economic order quantity model) membantu manajer menentukan tingkat persediaan optimum; dan lain-lain.
Pengembangan kuantitatif muncul dari pengembangan solusi matematika dan statistik terhadap masalah militer selama Perang Dunia II. Setelah perang berakhir, teknik-teknik matematika dan statistika yang digunakan untuk memecahkan persoalan-persoalan militer itu diterapkan di sektor bisnis. Pelopornya adalah sekelompok perwira militer yang dijuluki "Whiz Kids.” Para perwira yang bergabung dengan Ford Motor Company pada pertengahan 1940-an ini menggunakan metode statistik dan model kuantitatif untuk memperbaiki pengambilan keputusan di Ford.
Klasifikasi
Ada 6 macam teori manajamen diantaranya:
  • Aliran klasik: Aliran ini mendefinisikan manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemennya. Perhatian dan kemampuan manajemen dibutuhkan pada penerapan fungsi-fungsi tersebut.
  • Aliran perilaku: Aliran ini sering disebut juga aliran manajemen hubungan manusia. Aliran ini memusatkan kajiannya pada aspek manusia da perlunya manajemen memahami manusia.
  • Aliran manajemen Ilmiah: aliran ini menggunakan matematika dan ilmu statistika untuk mengembangkan teorinya. Menurut aliran ini, pendekatan kuantitatif merupakan sarana utama dan sangat berguna untuk menjelaskan masalah manajemen.
  • Aliran analisis sistem: Aliran ini memfokuskan pemikiran pada masalah yang berhubungan dengan bidang lain untuk mengembangkan teorinya.
  • Aliran manajemen berdasarkan hasil: Aliran manajemen berdasarkan hasil diperkenalkan pertama kali oleh Peter Drucker pada awal 1950-an. Aliran ini memfokuskan pada pemikiran hasil-hasil yang dicapai bukannya pada interaksi kegiatan karyawan.
  • Aliran manajemen mutu: Aliran manajemen mutu memfokuskan pemikiran pada usaha-usaha untuk mencapai kepuasan pelanggan atau konsumen.
Fungsi manajemen
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.Fungsi manajemen pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal abad ke-20.  Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi tiga yaitu:
http://html.scribd.com/2zmfr98m8urb5xc/images/2-234ac65f77/000.jpg
pendapat beberapa penulis sebagai berikut:
Louis A. Allen : Leading, Planning, Organizing, Controlling.
John Robert B., Ph.D : Planning, Organizing, Command -ing, and Controlling.
William H. Newman : Planning, Organizing, Assem-bling, Resources, Directing, Controlling
1.      Perencanaan (planning) adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilih cocok dan dapat digunakan untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak dapat berjalan.
2.       Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan  besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.
3.      Pengarahan (directing) adalah suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha
4.      Leading
Pekerjaan leading meliputi lima kegiatan yaitu :
• Mengambil keputusan
• Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan.
Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
Memeilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan
dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
5.      Directing/Commanding
          Directing atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha               member bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
6.      Motivating
Motivating atau pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.
7.      Controlling
Controlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang telah digariskan semula.
8.      Reporting
Adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.

Sarana manajemen
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/8b/Silk_Workers.jpg/200px-Silk_Workers.jpg

Man dan machine, dua sarana manajemen.
Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan diperlukan alat-alat sarana (tools). Tools merupakan syarat suatu usaha untuk mencapai hasil yang ditetapkan. Tools tersebut dikenal dengan 6M, yaitu men, money, materials, machines, method, dan markets.
Man merujuk pada sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi. Dalam manajemen, faktor manusia adalah yang paling menentukan. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja. Oleh karena itu, manajemen timbul karena adanya orang-orang yang berkerja sama untuk mencapai tujuan.
Money atau Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Oleh karena itu uang merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi.
Material terdiri dari bahan setengah jadi (raw material) dan bahan jadi. Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia tidaki dapat dipisahkan, tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.
Machine atau Mesin digunakan untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja.
Metode adalah suatu tata cara kerja yang memperlancar jalannya pekerjaan manajer. Sebuah metode daat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha. Perlu diingat meskipun metode baik, sedangkan orang yang melaksanakannya tidak mengerti atau tidak mempunyai pengalaman maka hasilnya tidak akan memuaskan. Dengan demikian, peranan utama dalam manajemen tetap manusianya sendiri.
Market atau pasar adalah tempat di mana organisasi menyebarluaskan (memasarkan) produknya. Memasarkan produk sudah barang tentu sangat penting sebab bila barang yang diproduksi tidak laku, maka proses produksi barang akan berhenti. Artinya, proses kerja tidak akan berlangsung. Oleh sebab itu, penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.
 Prinsip manajemen
Prinsip-prinsip dalam manajemen bersifat lentur dalam arti bahwa perlu dipertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah. Menurut Henry Fayol, seorang pencetus teori manajemen yang berasal dari Perancis, prinsip-prinsip umum manajemen ini terdiri dari:
  1. Pembagian kerja (Division of work)
  2. Wewenang dan tanggung jawab (Authority and responsibility)
  3. Disiplin (Discipline)
  4. Kesatuan perintah (Unity of command)
  5. Kesatuan pengarahan (Unity of direction)
  6. Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri
  7. Penggajian pegawai
  8. Pemusatan (Centralization)
  9. Hirarki (tingkatan)
  10. Ketertiban (Order)
  11. Keadilan dan kejujuran
  12. Stabilitas kondisi karyawan
  13. Prakarsa (Inisiative)
  14. Semangat kesatuan, semangat korps
Manajer
Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran ,
 Tingkatan manajer
Piramida jumlah karyawan pada organisasi dengan struktur tradisional, berdasarkan tingkatannya.
Pada organisasi berstruktur tradisional, manajer sering dikelompokan menjadi manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer lini pertama (biasanya digambarkan dengan bentuk piramida, di mana jumlah karyawan lebih besar di bagian bawah daripada di puncak).
Manejemen lini pertama (first-line management), dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman).
Manajemen tingkat menengah (middle management) mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.
Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive officer, bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).
Meskipun demikian, tidak semua organisasi dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan bentuk piramida tradisional ini. Misalnya pada organisasi yang lebih fleksibel dan sederhana, dengan pekerjaan yang dilakukan oleh tim karyawan yang selalu berubah, berpindah dari satu proyek ke proyek lainnya sesuai dengan permintaan pekerjaan.
Peran manajer
Henry Mintzberg, seorang ahli riset ilmu manajemen, mengemukakan bahwa ada sepuluh peran yang dimainkan oleh manajer di tempat kerjanya. Ia kemudian mengelompokan kesepuluh peran itu ke dalam tiga kelompok. yang pertama adalah peran antar pribadi, yaitu melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. Peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung. Yang kedua adalah peran informasional, meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara. Yang ketiga adalah peran pengambilan keputusan, meliputi peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.
Mintzberg kemudian menyimpulkan bahwa secara garis besar, aktivitas yang dilakukan oleh manajer adalah berinteraksi dengan orang lain.
Keterampilan manajer
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/8/89/Keterampilan_manajemen.jpg/220px-Keterampilan_manajemen.jpg

Gambar ini menunjukan keterampilan yang dibutuhkan manajer pada setiap tingkatannya.
Robert L. Katz pada tahun 1970-an mengemukakan bahwa setiap manajer membutuhkan minimal tiga keterampilan dasar. Ketiga keterampilan tersebut adalah:
  1. Keterampilan konseptual (conceptional skill)
    Manajer tingkat atas (top manager) harus memiliki keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan
    organisasi. Gagasan atau ide serta konsep tersebut kemudian haruslah dijabarkan menjadi suatu rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasan atau konsepnya itu. Proses penjabaran ide menjadi suatu rencana kerja yang kongkret itu biasanya disebut sebagai proses perencanaan atau planning. Oleh karena itu, keterampilan konsepsional juga meruipakan keterampilan untuk membuat rencana kerja.
  2. Keterampilan berhubungan dengan orang lain (humanity skill)
    Selain kemampuan konsepsional, manajer juga perlu dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain, yang disebut juga keterampilan kemanusiaan. Komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya. Dengan komunikasi yang persuasif, bersahabat, dan kebapakan akan membuat karyawan merasa dihargai dan kemudian mereka akan bersikap terbuka kepada atasan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan, baik pada tingkatan manajemen atas, menengah, maupun bawah.
  3. Keterampilan teknis (technical skill)
    Keterampilan ini pada umumnya merupakan bekal bagi manajer pada tingkat yang lebih rendah. Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, misalnya menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, membuat kursi, akuntansi dan lain-lain.
Selain tiga keterampilan dasar di atas, Ricky W. Griffin menambahkan dua keterampilan dasar yang perlu dimiliki manajer, yaitu:
  1. Keterampilan manajemen waktu
    Merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana. Griffin mengajukan contoh kasus Lew Frankfort dari Coach. Pada tahun 2004, sebagai manajer, Frankfort digaji $2.000.000 per tahun. Jika diasumsikan bahwa ia bekerja selama 50 jam per minggu dengan waktu cuti 2 minggu, maka gaji Frankfort setiap jamnya adalah $800 per jam—sekitar $13 per menit. Dari sana dapat kita lihat bahwa setiap menit yang terbuang akan sangat merugikan perusahaan. Kebanyakan manajer, tentu saja, memiliki gaji yang jauh lebih kecil dari Frankfort. Namun demikian, waktu yang mereka miliki tetap merupakan aset berharga, dan menyianyiakannya berarti membuang-buang uang dan mengurangi produktivitas perusahaan.
  2. Keterampilan membuat keputusan
    Merupakan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya. Kemampuan membuat keputusan adalah yang paling utama bagi seorang manajer, terutama bagi kelompok manajer atas (top manager). Griffin mengajukan tiga langkah dalam pembuatan keputusan. Pertama, seorang manajer harus mendefinisikan masalah dan mencari berbagai alternatif yang dapat diambil untuk menyelesaikannya. Kedua, manajer harus mengevaluasi setiap alternatif yang ada dan memilih sebuah alternatif yang dianggap paling baik. Dan terakhir, manajer harus mengimplementasikan alternatif yang telah ia pilih serta mengawasi dan mengevaluasinya agar tetap berada di jalur yang benar.
Etika manajerial
Etika manajerial adalah standar prilaku yang memandu manajer dalam pekerjaan mereka. Ada tiga kategori klasifikasi menurut Ricky W. Griffin:
·         Perilaku terhadap karyawan
  • Perilaku terhadap organisasi
  • Perilaku terhadap agen ekonomi lainnya