PROMOTION MIX
Promotion mix merupakan gabungan
dari berbagai jenis promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil
dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Sebelum
melakukan promosi sebaiknya dilakukan perencanaan matang yang mencakup bauran
promotion mix sebagai berikut :
1. Iklan
seperti iklan koran, majalah, radio, poster, maupun melalui situs internet
seperti website dan jejaring social (facebook, twitter, blog dll).
2. Publisitas
positif maksimal dari pihak-pihak luar.
3. Promosi
dari mulut ke mulut dengan memaksimalkan hal hal positif.
4. Promosi
penjualan dengan ikut pameran, membagikan sampel, dll.
5. Public
relation/ PR yang mengupayakan produk diterima dimasyarakat.
6. Personal
selling/ penjualan personil yang dilakukan tatap muka langsung.
Bicara
soal manfaat kontribusi advertising bagi perusahaan jelas tidak dapat
disepelekan. Bahkan periklanan memegang kunci penting, terutama dalam hal
pelaksanaan promosi perusahaan. Di dalam aktivitas perusahaan
advertising/periklanan merupakan bagian dari promotion mix. Promotion mix
dilakukan dalam lima bentuk usaha pemasaran, yaitu :
1.
Personal
selling
Personal
selling adalah presentasi personal oleh tenaga penjualan sebuah perusahaan
dengan tujuan menghasilkan transaksi penjualan dan membangun hubungan dengan
pelanggan. Mencakup presentasi penjualan. Pameran dagang dan promosi insentif.
2.
Periklanan/
Advertising
Maksudnya
adalah setiap bentuk presentasi dan promosi non personal yang memerlukan biaya
tentang gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor yang jelas. Bisa dilakukan
melalui media massa yang ada, atau iklan luar ruangan seperti pemasangan
billboard, spanduk dan poster.
3.
Public
Relations
Membangun
hubungan baik dengan public internal/eksternal untuk membangun atau bahkan
meningkatkan image baik perusahaan. Ikut serta atau mengadakan acara acara
tertentu yang sifatnya tidak murni profit orientes dengan instasi lain.
Misalkan dengan menggelar acara malam bhakti social atau penggalagan dana.
4.
Direct
Marketing
Hubungan
langsung dengan pelanggan yang ditargetkan secara tepat dengan tujuan
mendapatkan tanggapan sesegera mungkin untuk menciptakan hubungan baik dengan
pelanggan yang langgeng. Meliputi telemarketing, pasang poster din kios-kios,
iklan via internet mau pun jejaring social.
5.
Promosi
Penjualan
Insentif-insentif
jangkan pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan sebuah produk /jasa.
Meliputi pajangan pajangan di sejumlah titik lokasi penting pemasaran,
bingkisan dan pemasangan iklan khusus.
Axis adalah operator GSM nasional dengan pertumbuhan
tercepat di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan layanan 2G, 3G, dan
BlackBerry® secara nasional dan menjangkau seluruh dunia melalui lebih dari 370
mitra roaming internasional di lebih dari 155 negara.
Axis GSM yang Baik
Di awal kemunculannya pada 2008,
Axis memosisikan diri sebagai operator yang mampu menjadi pendobrak layanan
seluler yang telah mapan. Menjanjikan layanan seluler yang bebas gangguan dan
menawarkan tarif yang sangat murah. “Menjadi GSM yang baik,” demikian tagline
yang diusung anak perusahaan Saudi Telecom Company di Indonesia ini.
Penetapan tarif yang murah, merupakan strategi bisnis Axis untuk
mendekati masyarakat muda. Secara psikografis, anak muda memiliki kecenderungan
untuk selalu mencoba sesuatu yang baru, beda dengan kelompok usia tua. Anak
muda yang ekonominya belum mapan, ditawari yang murah pasti mereka suka. Selain
itu, secara demografis saat ini 70 persen penduduk Indonesia berada pada usia
35 tahun ke bawah. Jadi, menyasar anak-anak muda adalah pilihan yang tepat.
Saat ini Axis bekerja sama dengan 45
content provider yang dipilih dengan sangat ketat. Axis, memilih content provider yang mampu memberikan layanan secara
jujur. Karena itu, fasilitas reg dan unreg harus mudah. Axis pun tidak
menerapkan fasilitas registrasi otomatis. Pulsa pelanggan hanya akan dipotong
bila mereka telah mengonfirmasi untuk berlangganan layanan tersebut. Cara seperti ini, diterapkan supaya tidak ada praktek pencurian
pulsa. Dan bila content provider tidak bisa melaksanakan kesepakatan dengan
baik, Axis akan langsung memutus kontrak dengan mereka. Hingga sekarang tidak
ada yang mengeluhkan layanan kami.
Konsep “GSM yang baik” akan terus
berkembang. Saat ini, konsep tersebut terutama diaplikasikan pada penetapan
tarif murah. Namun konsep tersebut bisa bergeser
karena sangat fleksibel. Ke depan, Axis akan memperluas jangkauan dan kualitas
layanannya. Selain itu fokus untuk mengembangkan layanan data. Selanjutnya,
axis tidak lagi hanya dikenal sebagai GSM murah, tapi juga GSM yang terdepan dalam memberikan layanan data.
Axis memiliki misi untuk mewujudkan
layanan telepon, SMS, data dan fitur-fitur layanan lain tersedia dan terjangkau
bagi semua masyarakat Indonesia. Perusahaan ini pertama kali meluncurkan
layanannya pada Februari 2008 dan memperkenalkan pendekatan yang berbeda pada
penawarannya melalui produk dan layanan yang sederhana, mudah dipahami dan
tarif yang transparan. Axis juga menantang norma pasar dengan menghadirkan
penawaran yang jujur tanpa syarat dan ketentuan tersembunyi.
Kerjasama yang inovatif dan investasi yang berkelanjutan
mempercepat ekspansi perusahaan dan memposisikan Axis sebagai brand nasional
yang menjangkau lebih dari 80% populasi di Indonesia, meliputi Jawa, Bali,
Lombok, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Layanan Axis kini tersedia di lebih
dari 400 kota di seluruh Indonesia, dan kini sebagai operator keempat di
Indonesia dalam hal luas wilayah jangkauan. Mobile Broadband berkecepatan
tinggi dari Axis telah diluncurkan di Bandung pada Juni 2011 dan akan
dilanjutkan ke kota-kota besar lainnya.
Berikut
ini adalah contoh kasus promotion mix yang dilakukan oleh provider Axis dalam
upaya untuk meningkatkan penjualan :
I.
Personal selling
Personal selling yang dilakukan oleh provider axis salah satunya adalah dengan membuka
stand stand axis yang berada diberbagai tempat yang strategis seperti pusat pembelanjaan.
Stand tersebut berfungsi untuk memberikan informasi-informasi tentang
axis,mempromosikan fitur-fitur yang terdapat pada axis seperti layanan telepon, SMS,
data, dll.
Personal selling yang dilakukan oleh provider axis salah satunya adalah dengan membuka
stand stand axis yang berada diberbagai tempat yang strategis seperti pusat pembelanjaan.
Stand tersebut berfungsi untuk memberikan informasi-informasi tentang
axis,mempromosikan fitur-fitur yang terdapat pada axis seperti layanan telepon, SMS,
data, dll.
II. Advertising
Periklanan
yang dilakukan provider axis adalah dengan promosi melalui media cetak, media
elektronik, website maupun jejaring social. Axis melakukan promosinya dengan
memasang iklan iklan di majalah, Koran, spanduk di pinggir pinggir jalan, iklan
iklan di media elektronik dengan menggunakan artis artis yang terkenal dan ide
ide yang kreatif sehingga para konsumen berminat untuk menggunakannya. Selain
itu axis juga melakukan promosinya melalui jejaring social contohnya dengan menggunakan
situs facebook, twitter dan juga memiliki website resmi axis.
III.
Public Relation
AXIS
didukung oleh dua operator terkemuka di Asia: Saudi Telecom Company (STC),
penyedia layanan telekomunikasi nasional terdepan di Kerajaan Arab Saudi.
Perusahaan ini memiliki beberapa perusahaan yang tersebar di Kuwait, Bahrain,
India, Indonesia, Malaysia, Turki, dan Afrika Selatan; serta Maxis
Communications Berhad (Maxis), penyedia layanan telekomunikasi terbesar di
Malaysia. Kedua investor utama kami bertekad memberikan kontribusi penuh bagi
pengembangan industri telekomunikasi di Indonesia.
Didirikan
pada tahun 1998, Saudi Telecom Company (STC) menyediakan layanan komunikasi
lengkap seperti telepon tetap dan bergerak, internet, dan layanan data.
Perusahaan ini beroperasi melalui empat anak usahanya (Alhatif, Aljawal, Saudi
Data, and Saudinet) dan adalah satu-satunya penyedia layanan telepon tetap,
data, dan internet di Arab Saudi.
Maxis
Communications adalah perusahaan penyedia telekomunikasi terbesar di Malaysia, yang
memiliki investasi di industri telekomunikasi di India dan Indonesia. Maxis
menyediakan layanan telepon seluler dan tetap, serta layanan gateway
internasional.
IV.
Promosi Penjualan
Sebagai
provider axis bertahan di industri telekomunikasi Indonesia bukanlah hal mudah.
Pemain anyar di sektor ini bisa tersingkir keluar begitu saja bila tidak mampu
memosisikan diri dengan baik. Namun, sebagai pemain baru, Axis punya cara
khusus agar bisa dikenal dengan baik. “Intinya, memperkuat strategi promosi dan
distribusi. Axis bertekad bisa menjadi
pemimpin pasar di layanan mobile data.
Axis bekerja sama dengan sejumlah
produsen modem dan telepon genggam untuk memasarkan produk. Kerja sama ini
cukup positif. Bagi produsen telepon dan modem, kerja sama dengan operator lebih
menyenangkan karena mereka tidak hanya menjual alatnya saja, tapi juga
kartunya. Dari segi pemasaran juga akan lebih efisien. axis bisa mengiklankan
bersama, jadi biayanya akan lebih murah daripada membuat iklan sendiri.
Untuk
layanan roaming internasional, axis memiliki promo yang menarik. axis
memberikan paket khusus bagi pengguna Blackberry yang bepergian ke sejumlah
negara, seperti Hong Kong, Arab Saudi, dan Malaysia. Mereka hanya perlu
mengeluarkan uang Rp 50 ribu per hari bila ingin berlangganan paket tersebut.
Responsnya cukup bagus. Penggunaannya meningkat pada musim haji kemarin
tercermin dengan meningkatnya pendapatan.
Axis memiliki strategi pemasaran
yang masih sangat terbuka untuk sejumlah inovasi. Berbeda dengan sejumlah
operator yang sudah mapan, kami tidak memiliki strategi pemasaran yang kaku.
Mereka pun tidak berani mengubah tarif sembarangan karena akan berpengaruh
terhadap pelanggan mereka yang jumlahnya jutaan. Berbeda dengan Axis yang
pelanggannya masih sedikit. axis masih memiliki ruang untuk melakukan manuver
harga. Ruang untuk berkreasi masih luas, baik di segi promosi maupun
distribusi.
Dalam
membuat iklan, axis bekerja sama dengan agensi iklan berpengalaman. Yang mampu
mengeksekusi ide-ide iklan yang menarik dan tidak basi. axis harus bisa membuat
iklan yang belum pernah dibuat orang. Sebagai pendatang baru, bila tidak
melakukan hal yang berbeda, kehadirannya tidak akan disadari. Oleh karena itu,
untuk mendapatkan pasar, axis harus memberikan sesuatu yang menarik untuk
ditawarkan.
A.
Jumlah pelanggan Axis saat ini :
Saat
ini, pelanggan Axis 16 juta pemakai. Hingga akhir tahun bisa bertambah menjadi
16,5 juta orang. Jumlah ini meningkat signifikan daripada 2010 lalu yang hanya
sekitar sembilan juta orang. Axis harap, pada 2014, jumlah pelanggan bisa mencapai 40 juta
orang.
B.
Upaya Axis untuk meningkatkan kegiatan promosi
:
Axis bekerja sama dengan sejumlah
produsen modem dan telepon genggam untuk memasarkan produk. Kerja sama ini
cukup positif. Bagi produsen telepon dan modem, kerja sama dengan operator
lebih menyenangkan karena mereka tidak hanya menjual alatnya saja, tapi juga
kartunya. Dari segi pemasaran juga akan lebih efisien. axis bisa mengiklankan
bersama, jadi biayanya akan lebih murah daripada membuat iklan sendiri.
Untuk layanan roaming internasional,
axis memiliki promo yang menarik. axis memberikan paket khusus bagi pengguna
Blackberry yang bepergian ke sejumlah negara, seperti Hong Kong, Arab Saudi,
dan Malaysia. Mereka hanya perlu mengeluarkan uang Rp 50 ribu per hari bila
ingin berlangganan paket tersebut. Responsnya cukup bagus. Penggunaannya
meningkat pada musim haji kemarin tercermin dengan meningkatnya pendapatan.
Axis memiliki strategi pemasaran yang
masih sangat terbuka untuk sejumlah inovasi. Berbeda dengan sejumlah operator
yang sudah mapan, kami tidak memiliki strategi pemasaran yang kaku. Mereka pun
tidak berani mengubah tarif sembarangan karena akan berpengaruh terhadap
pelanggan mereka yang jumlahnya jutaan. Berbeda dengan Axis yang pelanggannya
masih sedikit. axis masih memiliki ruang untuk melakukan manuver harga. Ruang
untuk berkreasi masih luas, baik di segi promosi maupun distribusi.
Dalam
membuat iklan, axis bekerja sama dengan agensi iklan berpengalaman. Yang mampu
mengeksekusi ide-ide iklan yang menarik dan tidak basi. axis harus bisa membuat
iklan yang belum pernah dibuat orang. Sebagai pendatang baru, bila tidak
melakukan hal yang berbeda, kehadirannya tidak akan disadari. Oleh karena itu,
untuk mendapatkan pasar, axis harus memberikan sesuatu yang menarik untuk
ditawarkan.
·
Contoh promosi axis :
Menawarkan
program promosi yang hemat dan mudah. Cukup 1 kali nelpon BONUS 1000 menit, 1
kali kirim SMS BONUS 10.000 SMS, dan 1 tarif hemat telpon ke semua operator
serta BONUS 10MB data setiap hari
Axis meluncurkan progam promosi hemat “Satu untuk Semua” untuk pelanggan
di wilayah Kudus. Hanya dengan 1 kali panggilan ke sesama
pelanggan Axis dengan tarif terjangkau Rp200 per nelpon, pelanggan AXIS di
Kudus akan mendapat gratis 1000 menit telepon ke lebih dari 11 juta pelanggan
Axis yang lain, mulai pukul 00.00 sampai dengan 17.00. Hanya dengan mengirimkan
1 SMS dengan tarif Rp200 per SMS, pelanggan AXIS di wilayah
tersebut akan mendapat gratis 10.000 SMS ke semua operator di Indonesia pada
jam 00.00 – 17.00. Selanjutnya, pada jam 17.01 – 23.59, pelanggan Axis di
wilayah tersebut juga akan mendapat gratis 100 SMS setelah mengirimkan 3 SMS
dengan tarif Rp200/SMS. Lebih dari itu pelanggan Axis di Kudus juga dapat
menikmati 1 tarif hemat untuk menelpon ke semua operator,
yaitu Rp390/menit, serta 1 kali internetan senilai Rp1000 akan
mendapat gratis 10 MB. Penawaran ini berlaku setiap hari.
Paket regional ini diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Axis
yang berada di wilayah Kudus serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk
lebih berhemat biaya telekomunikasi mereka apapun cara yang mereka pilih dalam
berkomunikasi, baik itu telpon, SMS maupun data.
Paket yang axis
tawarkan khusus untuk wilayah Kudus adalah bentuk komitmen Axis yang dikenal
sebagai ‘GSM yang Baik’ untuk selalu memberi lebih kepada pelanggannya dengan
menawarkan skema tarif yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan komunikasi
mereka. Dengan penawaran ini kami yakin masyarakat Kudus akan dapat terus
merasakan manfaat layanan seluler tanpa harus khawatir dengan besarnya biaya
yang harus mereka keluarkan.”
Seperti program Axis yang lain, paket “Satu untuk
Semua” juga menawarkan skema tarif yang simpel dan mudah dimengerti. Untuk
menikmati paket ini, pelanggan cukup mengaktifkan Kartu Perdana AXIS dan
langsung dapat menikmati tarif hemat dari paket regional. Pelanggan lama AXIS
tetap dapat menikmati paket ini dengan mendaftar melalui *123# dengan biaya
Rp1.000. Paket “Satu untuk Semua” ini hanya berlaku untuk pelanggan yang
berada di wilayah Kudus. Layanan GSM Axis pertama kali hadir di Kudus pada 24
Februari 2009. Sebagai brand yang memberikan lebih kepada pelanggannya
melalui layanan dan produk yang sederhana, nyaman dan terjangkau, masyarakat
Kudus memberikan respon yang cukup baik dan sangat positif atas kehadiran AXIS
karena mampu menghadirkan layanan seluler yang tidak hanya terjangkau,
berkualitas namun juga memberikan manfaat lebih bagi para pelanggan.
Memberikan kesempatan untuk lebih berhemat pada pelanggan di
wilayah tersebut, apa pun jalur komunikasi yang digunakan – telepon maupun SMS
Memasuki Tahun 2012, Axis, brand yang
mengacu pada layanan dan produk yang simpel, inovatif, relevan, dan terjangkau,
menawarkan tarif hemat baru untuk SMS dan telepon bagi pelanggan di Jakarta,
Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang dan Banten. Program promosi ini
memberikan kesempatan pada pelanggan di wilayah tersebut untuk menikmati gratis
10.000 SMS hanya dengan mengirimkan 1 SMS senilai Rp100 dan Gratis Telepon
setelah menelepon Rp500, pada jam 00.00 – 11.59, setiap hari. Dengan program
promosi ini, pelanggan Axis di wilayah tersebut akan semakin hemat dalam
berkomunikasi dengan kerabat, baik melalui SMS maupun telepon. Program ini
mulai berlaku 16 Januari 2012.
Seperti penawaran Axis lainnya,
program promosi terbaru ini juga dibuat relevan dan sesuai dengan kebutuhan
pelanggan. Tanpa melihat kebutuhan para pelanggan kami tidak akan mampu
menyediakan layanan yang bernilai lebih atau sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Banyak yang dapat dilakukan untuk memulai aktivitas di pagi hari, diantaranya
menghubungi rekan dan kerabat untuk memastikan janji temu hari ini atau hanya
menanyakan kabar mereka. Melalui program promo terbaru ini, para pelanggan Axis
di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Karawang dan Banten dapat
lebih berhemat dalam berkomunikasi, baik melalui SMS maupun telepon. Program
ini merupakan bagian dari visi Axis dalam menghadirkan komunikasi yang terjangkau
bagi masyarakat Indonesia.
Untuk menikmati program ini,
pelanggan di wilayah Jabodetabek, Karawang dan Banten, cukup mengaktifkan Kartu
Perdana Axis dan langsung dapat menikmati gratis 10.000 SMS hanya dengan
mengirimkan 1 SMS senilai Rp100 dan gratis telepon setelah menelepon Rp500,
pada jam 00.00 – 11.59, setiap hari. Pada jam 12.01 – 23.59, pelanggan di
wilayah tersebut tetap dapat menikmati gratis 10.000 SMS setelah mengirimkan 5
SMS senilai Rp500 dan gratis telepon setelah menelepon Rp1.000. Untuk menelepon
ke operator lain, tetap berlaku tarif paling hemat Rp390 per menit. Selain itu,
pelanggan juga dapat terus menikmati program gratis internet seharian setelah
pemakaian Rp3.500 (dengan tarif Rp2 per Kb). Pelanggan lama AXIS tetap dapat
menikmati program menarik dengan mendaftar melalui *123# dengan biaya Rp1.000.
Program ini mulai berlaku 16 Januari 2012, di wilayah Jakarta, Bogor, Depok,
Tangerang, Bekasi, Karawang dan Banten.
Axis
berkomitmen untuk terus menyediakan produk dan layanan yang relevan, inovatif,
dan terjangkau, mudah.
Menawarkan layanan komunikasi hemat serta berbagai
kenyamanan untuk wisatawan agar tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman
selama menikmati liburannya di Indonesia
Axis, brand yang mengacu pada produk
dan layanan yang terjangkau, simpel, relevan, dan inovatif, meluncurkan Kartu
Perdana khusus untuk Wisatawan Mancanegara “Axis Tourist Pack”. Kartu ini
bertujuan untuk memberikan kemudahan layanan komunikasi bagi wisatawan
mancanegara selama menikmati liburannya di berbagai daerah tujuan wisata
Indonesia. Tersedia dalam dua paket seharga Rp50.000 dan Rp100.000, “Axis
Tourist Pack” memberikan layanan komunikasi lengkap berupa layanan telepon,
SMS, data, gratis terima telepon dan video call, serta pulsa yang dapat
digunakan untuk beragam kebutuhan mereka dalam komunikasi. Kartu perdana “Axis
Tourist Pack” ini mulai dipasarkan di wilayah Bali, Jakarta, dan Bandung.
Merupakan hal yang wajar jika orang
yang bepergian ke luar negeri, baik untuk keperluan bisnis atau berlibur, ingin
tetap terhubung dengan keluarga dan kerabat. Solusi yang paling ekonomis adalah
dengan mengganti kartu SIM yang digunakan dengan “Axis Tourist Pack” untuk
menghemat biaya komunikasi mereka. Dengan “Axis Tourist Pack”, mereka bisa
mendapatkan komunikasi yang terjangkau serta kenyamanan sekaligus. “Axis
Tourist Pack’ memungkinkan wisatawan dari mancanegara untuk tetap terhubung
dengan keluarga dan kerabat sejak mereka keluar dari bandara. Mudah dan
murah.
“Axis Tourist Pack” ditawarkan dalam
dua paket yaitu paket Rp50.000 dan paket Rp100.000. Masing-masing paket
memberikan layanan komunikasi yang terjangkau, yaitu :
Paket 50.000
|
Paket 100.000
|
|
·
10
MB layanan data
·
10
Menit telepon lokal di Indonesia
·
100
SMS lokal di Indonesia
·
Rp10.000
pulsa awal
|
Kedua paket ini memberikan layanan
gratis terima telepon dan tarif murah untuk telepon internasional melalui 01012
ke beberapa negara, seperti Jepang, Cina, Australia, Singapura, Malaysia, Korea
Selatan, dan sebagainya. Masa berlaku kartu perdana “Axis Tourist Pack” adalah
30 hari dari saat nomor diaktifkan. Masa berlaku ini akan langsung diperpanjang
apabila pelanggan melakukan isi ulang pulsa.
Di samping
layanan “Axis Tourist Pack”, Axis baru saja menandatangani perjanjian layanan
jelajah internasional dengan China Unicom. Melalui kerja sama ini, pelanggan
Axis kini dapat menjelajah di Cina dan menikmati layanan komunikasi yang
terjangkau selama melakukan perjalanan di Cina. Layanan jelajah internasional
di Cina ini melengkapi layanan jelajah internasional Axis yang sudah tersedia
di lebih dari 155 negeri lainnya di seluruh dunia, bekerja sama dengan lebih
dari 370 mitra roaming nasional.
C.
Pangsa pasar terbesar Axis :
Saat
ini, pangsa pasar axis sebesar lima persen dan menduduki peringkat keempat di
jajaran operator. pangsa pasar axis akan meningkat hingga 15 persen. Pasar axis
terbesar masih di Jawa dan Sumatra. Tak lain karena pasar seluler terbesar
masih ada di wilayah tersebut, sekitar 60 persen. Namun, axis terus melakukan
ekspansi di Sumatra, selain mengembangkan jangkauan ke Kalimantan dan Sulawesi
mulai tahun depan. Potensi pasar telekomunikasi di Kalimantan cukup besar
meskipun masih lebih rendah dibandingkan Sulawesi.
D.
Alasan
Axis begitu tertarik meningkatkan bisnis layanan data:
Prospek layanan data ke depan sangat
besar. Tak lain karena saat ini semakin banyak pengguna telepon pintar (smart
phone). Selain itu, banyak aplikasi yang berbasiskan hyperlink. Sekarang
semakin banyak pelanggan yang menggunakan messenger daripada berkomunikasi
lewat SMS. Hal ini karena messenger memiliki kemampuan yang lebih besar untuk
mengirimkan pesan daripada SMS yang terbatas pada jumlah karakternya. Fitur di
messenger mengakomodasikan pengiriman suara dan gambar, jadi semakin digemari.
Konsumsi
data juga dipengaruhi oleh penggunaan sosial media yang besar. Indonesia
memiliki 40 juta pengguna Facebook dan lima juta pengakses Twitter. Dan jumlah
ini akan bertambah terus. Keadaan ini tentu membuat layanan data sangat
diperlukan bagi pelanggan untuk mengakses jejaring sosial tersebut. Sekarang
pengguna internet mobile semakin berkembang, tidak hanya digunakan oleh
konsumen segmen atas, tetapi juga bergerak ke segmen yang menengah, bahkan
bawah. Terlihat kalau pertumbuhannya sangat besar, bisa lebih dari 100 persen
pertahun.
E.
Strategi Axis untuk membidik pasar layanan data :
Sampai hari ini pun tidak ada
operator yang bisa memberikan layanan yang maksimal. Semuanya tidak sempurna.
Nah, celah ini yang akan axis manfaatkan. Oleh karena itu, axis perlu membangun
infrastruktur yang maksimal untuk memberikan garansi atas layanan data kami.
Caranya dengan meningkatkan kualitas base transceiver station (BTS) yang
dimiliki sehingga semua BTS axis memiliki kemampuan 3G, bahkan lebih tinggi
lagi, menjadi high speed packet access (HSPA). Ke depan, axis ingin BTS axis
seluruhnya mempunyai kemampuan HSPA.
Sekarang, axis memiliki sekitar
2.000 tower milik sendiri dan 4.000 tower sewa. Nanti, BTS yang dibangun di
Kalimantan lebih banyak sewa. Hingga akhir tahun, axis akan menambah lagi BTS
sampai 500 unit. Tahun depan, BTS yang akan dibangun lebih banyak dari tahun
ini. Untuk itu, butuh belanja modal yang besar. Hingga 2014, kami butuh belanja
modal hingga Rp 15 triliun atau 1,6 miliar dolar AS untuk infrastruktur. Dana
tersebut sebagian kami peroleh dari pinjaman bank luar negeri dan kemampuan
internal.
Axis
menyedikan layanan data untuk semua terminal. Entah itu Android, Blackberry,
modem internet, tablet, ataupun telepon pintar lainnya. Sekarang, pelanggan
layanan Blackberry axis sebanyak 160 ribu. axis pun memberikan promosi-promosi
menarik untuk layanan data, seperti paket internet murah untuk rakyat yang
hanya diganjar dua rupiah per kilobyte. Harganya tidak mahal, siapa pun bisa
pakai. axis juga mengeluarkan starter pack
khusus data yang dikenal dengan Axis Pro.
F.
Usaha
yang dilakukan Axis untuk meminimalisasi gangguan jaringan :
Gangguan sinyal sering disebabkan
oleh tidak adanya energi listrik yang mengaliri BTS. Oleh karena itu,
seharusnya setiap BTS dipasang genset sehingga bila listrik yang dipasok PLN
tiba-tiba mati, genset bisa menggantikannya. Hanya saja, biayanya mahal, jadi
keberadaan genset digantikan dengan baterai yang daya listriknya hanya mampu
bertahan beberapa jam. Setelah itu, bila listrik PLN masih padam, akan terjadi
gangguan sinyal.
Selain itu, gangguan disebabkan oleh
pemotongan kabel, baik tidak disengaja akibat pelebaran jalan maupun dipotong
oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Karenanya koordinasi dengan para
penggali sangat penting. Biasanya Dinas Pekerjaan Umum akan menggali
berdasarkan pada cetak biru gorong-gorong. Namun kadang tetap saja ada
kesalahan.
Gangguan
juga terjadi akibat padatnya traffic penggunaan layanan operator. Biasanya hal
ini terjadi pada jam-jam pulang kerja, sekitar pukul lima sore. Oleh karena
itu, operator memiliki kewajiban untuk terus menambah kapasitas. Untuk hal ini,
pelanggan Axis tidak perlu khawatir. Axis selalu menambah kapasitas. Selama
tiga tahun axis beroperasi di Indonesia, Axis berusaha memberikan yang terbaik
untuk pelanggan.
G.
Faktor – faktor yang mempengaruhi perkembangan
axis :
Peningkatan pelanggan ini disebabkan
oleh agresivitas axis dalam melakukan kegiatan promosi dan distribusi yang
gencar. Axis juga cukup inovatif dalam
menerapkan strategi pemasaran, seperti penetapan tarif, iklan-iklan televisi
yang berbeda dan kreatif, serta warna brand yang segar. Ini membantu axis
menumbuhkan ketertarikan masyarakat.
Apalagi,
axis didukung oleh pemegang saham yang memiliki modal yang cukup besar dan solid.
axis juga akan meningkatkan kualitas customer service . Dengan demikian, axis
bisa bertahan dan tetap eksis di industri ini. Lagi pula, bukan masalah besar
bagi axis karena axis adalah bagian grup telekomunikasi besar di dunia, yaitu
Saudi Telecom Company. Mereka punya 20 perusahaan operator telekomunikasi di
seluruh dunia. Artinya, menangani hal seperti ini bukanlah sesuatu yang asing
lagi.
H. Axis
Rilis Program Promosi Terbaru
PT
Axis Telekom Indonesia (Axis) terus memperbaharui promosi yang ditawarkan ke
pelanggan. Promosi terbaru, Axis memunculkan program Gebrakan Hemat 24 jam. Penawaran baru ini memungkinkan
pelanggan menelepon lebih banyak lagi dengan gratis 1.440 menit bicara ke semua
nomor Axis. Syaratnya, setelah menelepon seribu rupiah dan lebih banyak
mengirim SMS dengan gratis 10.000 SMS ke semua operator setelah SMS 400 rupiah.Penawaran ini berlaku bagi pelanggan
yang berada di Jabodetabek, Jawa, Sumatra bagian Utara, Bali, dan Lombok. Untuk
pelanggan baru yang melakukan aktivasi kartu perdana, langsung dapat menikmati
penawaran menarik ini tanpa perlu melakukan registrasi. Sedangkan untuk pelanggan lama dapat
menikmati penawaran baru ini dengan mendaftar melalui UMB *123# dengan memilih
paket "BARU! Gebrakan Hemat AXIS", atau dengan menelepon langsung ke
layanan pelanggan di nomor 838. Untuk biaya registrasi dikenakan biaya 1.000
rupiah. Walau membanting tarif, perseroan
menjamin infrastruktur mampu melayani sekitar 16 juta pelanggannya.
I.
Visi Axis ke depan :
Cita-cita
Axis adalah menjadi menjadi operator seluler nomor satu dalam memberikan layanan
mobile data. Axis
tidak ingin mengincar posisi sebagai operator nomor satu, cukup di segmen
tertentu saja. Memimpin di posisi yang kami terjemahkan sendiri sebagai mobile
internet. Harusnya target ini bisa dicapai pada 2014. Kami harus optimistis.
Mimpi harus tinggi. Bila tidak memiliki mimpi, tidak akan berhasil.
How to Play Baccarat - WORRIERione
BalasHapusBaccarat is a game of betting 바카라 on the outcome of the game of Baccarat. There are two parts of the 카지노 game: the “baccarat table” 1xbet and the “baccarat